Friday, 7 October 2011

Ciwidey On The Road

Selatan dari kota Bandung didaerah kawasan pegunungan yang masih asri "menurut saya" terdapat pesona alam dengan sajian hamparan kebun teh yang luas nan sejuk, bisa memberikan suasana berbeda setelah sekian lama penat dengan hiruk pikuk suasana kota. Ciwidey merupakan daerah wisata yang cukup lengkap dalam satu areal lokasi yang berdekatan dalam satu arah. Jalan yang berkelok dengan diapit kanan kiri pohon rindang dengan jalanan beraspal mulus (terakhir kesana) dan menanjak sangat cocok untuk berkonvoi ria dengan teman.



Setiap malam minggu, daerah ciwidey banyak dikunjungi para wisatawan domestik dari berbagai daerah yang mencari suasana berbeda, banyak diantaranya yang menggunakan sepeda motor dengan rombongannya, yang hanya untuk menghabis malam minggu dengan teman, bisanya bagi rombongan yang menggunakan sepeda motor mereka bermalam didaerah Rancaupas, yang merupakan areal perkemahan dengan latar belakang pegunungan dan merupakan tempat penangkaran rusa. Rancaupas banyak dipilih oleh mereka-meraka yang menggunakan sepeda motor, karena arealnya yang rata dan lapang dengan hamparan rumput hijaunya bisa digunakan untuk berkumpul sambil bersenda gurau dengan sajian api unggun dan kopi hangat, serta diiringi petikan gitar...wow sungguh nyaman serasa ngak punya hutang. Pagi menjelang siang hari bisa dipergunakan untuk mengunjungi daerah wisata lainnya yang berada didaerah ciwidey. Ada beberapa daerah wisata yang dapat dikunjungi didaerah ciwidey :


1. Situ Patengan
Sebuah danau yang cukup luas disisi bukit perkebunan teh, dulunya situ patengan merupakan cagar alam dan taman nasional, namun sejak tahun 1981 resmi menjadi daerah taman wisata. di situ patengan terdapat penyewaan perahu untuk bisa sekedar berkeliling mengelilingi danau.

2. Punceling
Wana wisata punceling merupakan hutan tropis dan hutan eucalyptus yang merupakan jalan tembus menuju kawah putih dengan jarak tempuh sejauh 7km. dipeunceling sendiri terdapat sumber mata air panas yang sudah ditata rapi berupa bak-bak pemandian dan satu pondok untuk bersantai.

3. Pemandian Air Panas Cimanggu
Merupakan kolam pemandian air panas dengan kolam pemandian terbuka dan kolam pemandian berupa kamar-kamar tertutup yang lokasinya dekat dengan perkebunan teh.

4. Pemandian Ciwalini
Pemandian air panas ciwalini ini berada didaerah lingkungan perkebunan teh walini yang berdekatan dengan situ patengan, didaerah wisata ini terdapat penginapan berupa cottage.

5. Perkebunan Teh Rancabali
Hamparan kebun teh yang sangat luas merupakan daya tarik tersendiri, dengan udara yang sejuk dan indah untuk kita bisa menikmati pemandangan dan menjelajahi areal kebun.

6. Kawah Putih
Sebuah kawah yang selalu diselimuti kabut tebal dan bau belerang yang sangat menyengat dengan pemandangan latar yang indah, dan biasanya dijadikan untuk background foto prewedding, sebelumya pernah saya tulis mengenai kawah putih, untuk lengkapnya baca disini.


Selain pesona lokasi wisata tersebut diatas, kita bisa berwisata kebun dengan mendatangi kebun strowberi. buah yang segar dengan warna merah merona, kita bisa dengan mudah bisa memetik sendiri dengan memilih buah-buah yang sudah matang, biasanya banyak ditawarkan para petani strowberi disepanjang jalan desa Alam Indah dan desa panundaan. selain strowberi ada makanan khas ciwidey yang disebut dengan Kalua, yaitu makan asinan dari kulit jeruk dicampur gula dengan sedikit pewarna yang menjadikan rasa yang khas, dan patut untuk dicoba.


Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata yang berada di jawa barat dengan menampilkan wisata alam yang indah dan sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga, jadi jangan lewatkan untuk bisa menikmati keindahan daerah ciwidey.



Photo : Sunset at Ciwidey by Diatherman

15 comments:

  1. iya, Kawah Putih sih mungkin bisa dibilang primadona kawasan ini. Kemana lagi kita bisa mendapatkan pemandangan unik seperti ini? Sayang, makin kesini Kawah Putih jadi terlalu ramai dan jadi agak komersil menurut saya. Suasana yang sudah terlalu ramai ini jadi nggak nyaman buat yang ingin bersantai dan rileks :)

    ReplyDelete
  2. Semoga tempat ini dapat dilestarikan untuk objek pariwisata daerah yang dapat berkembang dengan baik dan tetap terjaga keasriannya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  3. woww, luar biasa itu foto yg paling atas, ehehee...

    keren banget yah, tempatnya, sip sipp, kapan yah saya ke sana :/

    ReplyDelete
  4. postingan yang bagus tentang Ciwidey On The Road

    ReplyDelete
  5. foto diatas seperti padang rumput savanah di gunung bromo

    ReplyDelete
  6. luar biasa foto yang diatas seperti tokoh kartun dalam serial flm anak teletubbies

    ReplyDelete
  7. seperti wisata yang ada di gunung bromo

    ReplyDelete
  8. indahnya membuat mata tercengang

    ReplyDelete
  9. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    ReplyDelete
  10. keren,, kapan kapan traveling, atau back paker ke pontianak donk bos,, banyak tantangan alamnya

    ReplyDelete
  11. layaknya Padang savana Bekol DI TNB Banyuwangi

    Regard
    wisata bromo batu malang

    ReplyDelete
  12. Nice post, things explained in details. Thank You.

    ReplyDelete