Friday, 24 December 2010

Menyelami Birunya Laut Bunaken

Negara kepulauan yang disandang oleh Indonesia dengan 17 ribu pulau yang tersebar di nusantara, dengan 2/3 nya merupakan lautan, memberikan nilai lebih terhadap wisata bahari yang berkembang Indonesia. Taman Nasional Laut Bunaken merupakan salah satu wisata bahari yang sudah cukup terkenal sampai manca Negara dan merupakan salah satu taman laut dunia.

Cara terbaik untuk menikmati keindahan Taman Nasional Laut Bunaken secara jelas dan nyata adalah dengan cara menyelam.Taman laut bunaken sering dikatakan sebagai surganya para penyelam dengan keindahan bawah lautnya. Hamparan terumbu karang yang berada di taman laut bunaken lebarnya mencapai 2,5 km, mulai dari terumbu karang dengan kedalaman 5 m sampai ke perairan yang lebih dalam yang membentuk bukit-bukit dan tebing tebing yang dipenuhi dengan terumbu karang dengan aneka warna dan bentuk, dan komunitas ikannya yang beragam bentuk, warna serta ukurannya sebagai rumah untuk mencari makan dan berkembang biak.

Bunaken merupakan sebuah pulau dengan luas sekitar 8,08 km² yang berada di Teluk Manado yang terletak di pulau Sulawesi Utara. Taman Laut Bunaken yang berada disekitar pulau bunaken mempunyai luas sekitar 75.265 hektare ditambah dengan keberadaan beberapa pulau di dalamnya: Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen.

Selain keindahan bawah lautnya yang terkenal, bunaken merupakan salah satu tempat dari 10 tempat menyelam terbaik dunia, dengan 20 dive spot yang mempunyai kedalaman yang berbeda hingga mencapai 1.344 m, bunaken sendiri memiliki 12 dive spot dari 20 dive spot yang ada di taman laut bunaken, ke 12 dive spot ini merupakan yang sering dikunjungi para penyelam dan wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut.


Waktu terbaik untuk menyelam di bunaken adalah pada bulan Mei sampai bulan Agustus, pada bulan tersebut air sangat jernih dan hangat, air laut yang tenang dengan jarak pandang 20-30 memungkinkan untuk melihat keindahan bawah air yang kaya akan terumbu karang dan biota laut lainnya. Sedangkan bulan Desember sampai Januari keadaan laut sedang pasang dan air pun kotor serta banyaknya sampah yang terbawa arus sehingga kurang begitu baik untuk menyelam pada bulan itu.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke taman laut bunaken untuk menyelam, tidak perlu repot untuk membawa peralatan menyelam, karena sudah tersedia penyewaan alat-alat menyelam yang lengkap. Memang bagi yang berwisata ke bunaken sangat disayangkan bila kita tidak menikmati pemandangan bawah lautnya. Selain dengan menyelam, kita juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan menggunakan Katamaran, yaitu perahu yang dilengkapi kaca untuk melihat keadaan bawah laut, atau kita bisa menyewa kapal selam untuk bisa lebih dekat menikmati dan lebih maksimal dalam meyelusuri keindahan taman laut bunaken.

Untuk mencapai bunaken, yang berada di sulawesi utara dapat kita tempuh dengan pesawat terbang. Dari pelabuhan Manado kita bisa menggunakan kapal motor untuk menuju ke pulau bunaken atau kepulau-pulau lainnya yang berada pada kawasan taman nasional laut bunaken, dengan lama perjalanan kurang dari 1 jam menggunakan kapal motor(speed boat).


Source :  Wikipedia Indonesia Photo : Kaufik Anril & Frank&Xin

5 comments:

  1. Aaah ingin sekali bisa kesana :) Sayang saya masih agak takut untuk mencoba diving.

    ReplyDelete
  2. wah indah nya alam bawah laut disana...
    pengen kesana smoga ada rejeki untuk kesana.
    minal aidin walfaizin sob..

    best regards,

    iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia |
    TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia |
    kerajaanhosting Masa Depan Hosting Indonesia |
    Bejubel Market Place Terbaik Indonesia |

    ReplyDelete
  3. indah nian terumbu karangnya

    ReplyDelete
  4. Nggak perlu duit banyak kok untuk wisata ke Manado, apalagi kalo bisa cari hari tiket murah. Penginapan di sana banyak yang terjangkau kantong dan nyaman. Plus penduduknya ramah dan baiiiikkkkkk banget.

    Dan masih banyak spot yang jauh lebih menarik ketimbang Bunaken. Semoga semua dapat rejeki lebih buat ke Manado:D.

    Salam,

    Yuanita Maya.
    www.sampaiakhirmenutupmata.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Luar biasa pemandangannya begitu indah..
    suatu saat pasti kesana..
    wonderfull indonesia..

    lombok rinjani trekking agency

    ReplyDelete