Kamis, 09 Desember 2010

Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit di Indonesia yang sudah terkenal ke mancanegara, dengan keindahannya banyak menarik wisatawan dan pendaki untuk menjejakan kakinya di puncak rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.762 m.dpl ini terletak di utara Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga setelah Jayawijaya di Papua dan Kerinci di Sumatera.

Keberadaan danau kawah akan menjadi cerita indah tersendiri, danau Segara Anak dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan, sayang agak asam karena bercampurnya air tawar dan air belerang, yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bagi Suku Sasak danau segara anak merupakan tempat yang Sakral dan Suci.danau ini juga digunakan sebagai tempat Ziarah dan Peribadatan Umat Hindu dan Islam Wettu Telu. Di tepian danau terdapat gunung baru, yang di bernama Gunung Barujari (2.376 m.dpl).


Jalur Pendakian
Mataram merupakan kota persinggahan terakhir untuk menuju Gunung Rinjani, untuk menuju kota mataram dapat ditempuh dengan menggunakan bus atau pesawat terbang. Dari mataram kita bisa langsung menggunakan kendaraan umum atau mencarter kendaraan untuk menuju desa terakhir menuju gunung rinjani.

Jalur Senaru
Jalur Senaru (600 m.dpl) merupakan jalur yang disukai untuk pendakian karena selain jaraknya lebih pendek dan lebih teduh karena kita memasuki hutan tropika yang cukup rimbun, akan tetapi jalurnya cukup menanjak. Untuk menuju desa senaru, dari mataram kita bisa menggunakan kendaraan umum dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Di desa ini sudah banyak tersedia penginapan beserta paket perjalanan wisata gunung rinjani. Untuk memudahkan perjalanan sebaiknya menyewa jasa guide utuk menyamanan dalam perjalanan, untuk informasi dan keterangan lebih lanjut kita bisa menghubungi petugas di pos jaga Taman Nasional Gunung Rinjani.

Setelah melapor pada pos jaga taman nasional di Senaru perjalanan diawali dengan melewati perkebunan penduduk dan mulai memasuki hutan. Setelah melewati 3 pos yang mempunyai jarak tempuh sekitar 5 jam, dari pos 3 (Mondokon Lolak) yang berada pada ketingian 2000 m.dpl kita akan mencapai Pelawangan Senaru setelah berjalan selama 2 jam. Di pelawangan senaru kita bisa melihat Segara Anak dan Puncak Rinjani. Untuk mencapai segara anak kita menuruni bukit yang cukup terjal, dari danau kita menuju Basecamp Segara Anak dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Dari arah danau untuk mencapai puncak rinjani kita kembali menuju pelawangan senaru, yang merupakan camp terakhir, dipagi harinya sekitar jam 2 pagi kita bisa melanjutkankana perjalanan menuju puncak.

Jalur Sembalun
Sembalun (1.150 m.dpl) merupakan jalur yang cukup mudah dijangkau dengan transportasi umum. Di terminal Kota Mataram. tersedia kendaraan umum jurusan Mataram-Aikmel. Sekitar 1 jam berkendara sampailah di kawasan Aikmel, kemudian dilanjutkan dengan kendaraan umum lainnya menuju pos pendakian sembalun.
Sebagai catatan bagi pemakai kendaraan umum mataram – aikmel sebaiknya berangkat pagi hari, karena kendaraan menuju aikmel hanya sampai pada jam 12.00 saja.
Setelah sampai di pos sembalun kita bisa melengkapi perlengkapan yang kita perlukan, karena disini terdapat penyewaan peralatan pendakian serta tersedianya jasa guide dan porter untuk membantu kenyamanan kita dalam mendaki. Setelah melakukan pendaftaran di pos jaga, perjalanan akan diawali dengan memasuki padang savana yang luas dan akan melewati 3 post utama, lama perjalana sekitar 4 jam.

Jalur sembalun merupakan jalur yang landai dibandingkan dengan jalur senaru, akan tetapi merupakan jalur yang sangat berat pula, dikerenakan jalan yang kita lewati berupa hamparan savana yang luas membuat badan kita cepat letih karena sengatan sinar matahari yang terik. Sebelum mencapai pos 3 atau pos Padabalang kita akan dihadapkan pada persimpangan jalan yang memisahkan jalur kanan ke bukit penyesalan dan kekiri ke bukit penderitaan, untuk saat ini jalur yang bisa dipakai adalah jalur penderitaan karena jalur ke bukit penyesalan jalannnya sudah tidak begitu jelas. Dari pos 3 ini kita akan melewati 9 bukit sebelum mecapai Pelawangan Sembalun (2.639 m.dpl).dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.

Pelawangan Sembalun merupakan pertigaan atau pos terakhir untuk mencapai puncak atau turun menuju segara anak. Ditempat ini kita bisa medirikan tenda dengan pemandangan danau segara anak dan gunung barujari tepat dibawah kita. Perjalanan menuju puncak dengan meniti bibir kawah merupakan perjalanan yang melelahkan, dengan medan berpasir yang gembur membuat langkah kita terhambat mundur karena bila kita melangkah, setengah langkah kita akan turun, sungguh perjalanan yang meyenangkan diakhir ketinggian 200 meter sebelum puncak.


Jalur Torean
Menuju Bayan dari teminal Cakranegara-Lombok dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum selama kurang lebih 3 jam, lemudian diteruskan menuju desa terakhir Torean, lama perjalana 1 jam dengan menggunakan ojek atau dapat juga dengan angkutan truk, akan tetapi truk ini jarang sekali melintas menuju torean.

Di desa torean sudah banyak penyedia jasa porter untuk mempermudah pendakian, karena jarangnya pendaki yang melewati jalur ini sebaik nya kita memakai jasa porter. Melalui jalur torean ini jarang sekali atau bahkan bisa disebut tidak ada pos-pos pendakian seperti jalur-jalur lain. Jalur torean merupakan jalur yang biasa dilewati oleh penduduk sekitar untuk mencapai segara anak, untuk melakukan tradisi/prosesi Pakelem bagi Umat Hindu, jalur ini juga dapat menuju Gua Susu dan Gua Manik yang berada sebelum segara anak.

Untuk memulai pendakian sebaiknya dilakukan pagi hari, karena jalannya agak berbahaya bila kita lakukan perjalanan pada malam hari dan tentu saja sangat disayangkan bila kita tidak menikmati pemandangan dan indahnya tanjakan yang menyesakan dada. Untuk menuju segara anak kita akan melewati satu-satunya post pendakian, yang akan kita tempuh selama 2,5 jam perjalanan melaluai hutan taman nasional. Setelah melewati pos ini kita akan menuju jalan yang berupa lembah yang berada pada sisi utara rinjani yang membawa aliran air sungai dari segara anak melalui kokok putih (nama sungai).

Kita akan mengikuti aliran kokok putih, dengan melalui jalan setapak kecil dan melewati beberapa bukit, kita akan sampai pada Pelawangan Torean dan kita akan turun ke anak sungai kokok putih. Setelah melewati satu bukit lagi kita akan sampai pada kawasan gua dan kolam air panas alami yang berada di segara anak. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke segata anak membutuhkan watu sekitas 8 jam perjalanan.

Untuk mencapai puncak, kita menjajaki tebing selama 4 jam untuk mencapai pelawangan sembalun, dan dari sini untuk mencapai puncak melalui jalur normal sembalun.

Jalur Timbanuh
Untuk menuju desa Timbanuh kita dapat menggunakan kendaraan umum dari mataram kita turun di Masbagik dan dilanjutkan kendaran umum lannya menuju Timbanuh, lama perjalanan kurang lebih sekitar 3 jam berkendara. Di timbanuh sudah banyak tersedia jasa guide untuk mempermudah pendakian tapi layanan paket perjalanan belum ada.

Jalur timbanuh merupakan jalur baru yang diresmikan oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), dibandingkan jalur yang sudah ada, jalur timbanuh belum mempunyai sarana yang memadai akan tetapi jalur ini menyediakan kelebihan ketersediaannya air di sepanjang jalur pendakian serta keaneka ragaman flora dan fauna serta jalurnya yang cukup menantang bagi pendaki, Jalur ini hanya memperbolehkan pendaki untuk melakukan pendakian sampai ke Pelawangan Cemoro Rompes dan puncak selatan rinjani, sedangkan untuk jalur ke danau segara anak belum diperbolehkan karena medannya yang curam dan berbahaya. Lama perjalanan dari timbanuh ke pelawangan cemoro rompes sekitar 9 jam perjalanan.

Gunung baru jari dapat kita lihat dengan jelas dari cemoro rompes dibandingankan dari ketiga jalur pelawangan lainnya, karena posisinya paling dekat dengan gunung barujari dan ditempat ini juga terdapat padang edelweis.
Apabila tertarik untuk mendaki gunung ini, sangat di sarankan untuk membawa pancing, karena di danau segara anak banyak terdapat ikan yang dapat kita nikmati

Source : Highcampkapanlagi.com Photo : hasmanizamBental_3000jktales

37 komentar:

  1. referensi yang berguna,bang..
    thanks

    BalasHapus
  2. track menuju puncakny jelas ga? mksh

    BalasHapus
  3. rubelieverest@ penanganan gunung rinjani sudah cukup baik, untuk kenyamanan dan keamanan, masyarakat setempat bisa membantu pendaki untuk melakukan pendakian gunung rinjani sampai puncak, karena sebagian masyarakat mengandalkan pendapatannyanya sebagai porter, jadi bila anda berkeinginan untuk melakukan pendakian sampai puncak jangan segan2 untuk memanfaatkan jasa porter sebagai penunjuk jalan dan tentu saja sekaligus membantu ruang pendapatan untuk mereka, terima kasih

    BalasHapus
  4. wah manatap nih..kapan y bisa ke sana,,,
    kira2 berapa hari total dari jakarta akses darat??trims

    BalasHapus
  5. mantab gan,,,,
    semoga januari jadi kesana,...
    aminn

    BalasHapus
  6. Dari bandara internasional yg baru menuju g.rinjani jd lbh jauh ya,? ada transportasi umum menuju g.rinjani? klo carter kendaraan brp ya?

    BalasHapus
  7. untuk sewa jasa guide kira 2 berkisar berapa biaya nya bang thanks

    BalasHapus
  8. gede mahayana10/03/12 18.56

    25 Maret 2012 Karpala Edelweis naik melalui Sembalun Lawan dan turun ke Torean. Siapa ikut

    BalasHapus
  9. kapan bisa kesana,,,,????

    BalasHapus
  10. mantaplah ... asekk berat kok disana .. nyesel bgt saya cuma dapet libu seminggu ... maunya sebulan disana ... wkwkwk

    BalasHapus
  11. Lengkap banget ulasan tentang trekking rinjani nya
    saya yang orang travel aja ga semua jalan pernah saya lalui menuju puncak rinjani :)

    semoga banyak yang baca, sehingga yang mau trekking punya banyak pilihan trekking ke Rinjani

    BalasHapus
  12. axew.birkatun@gmail.com05/08/12 21.39

    mudah2an tahun ini bisa kesana,HIDUP ALAM BEBAS INDONESIA ,TAMPA BENDERA PANJI APAPUN

    BalasHapus
  13. yuk bulan oktober 2012 gabung ma ane gan ke rinjaninye

    BalasHapus
  14. lengkap banget ulasannya... thx..

    BalasHapus
  15. kalo ada yang mau k rinjani ajak2 yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya berangkat tanggal 4-10 juni 2013 dari jakarta pake pesawat

      Hapus
    2. yang mau bareng contact 087774343888 (ivan)

      Hapus
    3. saya tanggal 5 -11 juni berangkat dari jakarta pake pesawat

      Hapus
  16. kalo ada yng mau ke rinjani ajak2 yaaaa..di tunggu ya kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya InsyAllah berangkat kamis ini atau kamis depan..
      klo mo bareng ni email aq.. mjcpa789@gmail.com

      Hapus
  17. Weeehhhh mantab...tantangan dan kenikmatan saat mendaki rinjani sudah kelihatan di depan mata nich...

    Go go Hiking Rinjani...

    BalasHapus
  18. berapa jasa porternya gan?

    BalasHapus
  19. mohon dishare harga penyewaan peralatan di pos awal dong.

    BalasHapus
  20. kalo suruh milih mending lewat sembalun apa senaru gan?, trs ada contact person dr masing2 basecamp ? thnks

    BalasHapus
  21. mohon infonya dong...naik pesawat trus mendaratnya dimana ya..mataram / bali..kalu dari matarm ke jalur pendakian sembalun naik transporatsinya apa ya..trus budgetnta nya berapa..dan makan waktu berapa lama perjalanannya???Thanks

    BalasHapus
  22. manttap
    kapan bisa kesana saya

    BalasHapus
  23. Insya allah 21 des 2013 berangkat rinjani :D

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Insya allah 21 des 2013 berangkat rinjani :D

    BalasHapus
  26. bg, kalau buat perempuan, terutama yang berusia 40 th ke atas (tapi senang trekking), jalur mana yg paling pas yah?

    BalasHapus
  27. Saya dri Bandung beserta kawan dari Jogja/Mataram pas 2010 turun (Dari Danau) lewat Timbanuh, satu kata : saya pengen nangis, saya bersyukur msh hidup. setelah sekian banyak gunung di P. Jawa yang saya daki, baru kali ini menghadapi jalur yg eje gile, asli menantang maut itu jalur dari Pelawangan Cemoro - Segara Anak.
    Coment : not recomended untuk pendaki pemula, untuk yg sering mendaki pun ada baiknya belajar dasar2 panjat tebing, tanpa pengaman pastinya

    BalasHapus
  28. Info yang lengkap untuk mendaki gunung rinjani dari ke tiga jalur pendakian, untuk kawan2 yang mau mendaki dari sembalun dan membutuhkan peralatan trekking, guide, porter silahkan hub kami di Sembalun.
    Tambahan info untuk jalur Timba Nuh dari pelawangan ke danau terakhir ini sudah lumayan bagus, jalurnya sudah cukup aman, tapi tetap harus hati2 dan memiliki dasar2 panjat tebing dan untuk yang pendaki pemula tidak di sarankan untuk membawa beban ketika melewati jalur turun ke danau.
    Trima kasih u sharing dan artikel tentang Rinjani.

    BalasHapus
  29. ah... ini blog goblok! 2 hari mungkin anda tidak akan dapat porter dan guide bakalan jadi rebutan yang punya TO (trekking organizer) hahaha..

    BalasHapus