Saturday, 13 November 2010

The Famous Sunrise On Pananjakan

Begitu terkenalnya tempat ini membuat para wisatawan asing maupun local banyak berdatangan untuk mengujungi tempat ini, sunrise di gunung bromo merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan, sehingga wilayah ini dinamai dengan “The Famous Sunrise”, moment indah ini bisa kita dapat dari puncak gunung pananjakan, yang merupakan daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lokasi objek wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berada pada empat wilayah kabupaten, kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo. Untuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dapat kita tempuh melalui empat pintu masuk, pintu masuk Tumpang (Malang), Ranu Pane (Lumajang), Wonokitri (Pasuruan), dan Cemoro Lawang (Probolinggo). Dari ke empat pintu masuk yang biasa di lalui pengunjung adalah pintu msuk cemoro lawang dan wonokitri, kedua pintu ini telah memiliki fasilitas jalan yang beraspal. Sedangkan dua jalur lainnya, ranu pane dan tumpang merupakan jalur khusus pendakian yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Sunrise On Pananjakan
Untuk menyaksikan sunrise idealnya adalah dari puncak gunung, mungkin bagi sebagian pengunjung akan mengerenyitkan kening, bagaimana kita akan mencapai puncak gunung untuk mendapatkan sunrise, sedangkan kita bukan seorang pendaki gunung?. Berbeda dengan gunung-gunung lain yang mesti kita daki dengan susah payah dan memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk mendaki gunung, puncak gunung pananjakan dapat kita tempuh dengan menggunakan kendaraan beroda 4 seperti jeep jenis hardtop 4wd, yang banyak disewakan didaerah tersebut. Paket wisata yang ditawarkan kendaraan hardtop ini biasanya di mulai pada dini hari sekitar pukul 03.00. pemilihan waktu tersebut sangat umum karena rata-rata wisatawan yang berkunjung ke gunung bromo sangat ingin menyaksikan keindahan pemandangan alam Bromo-Tengger-Semeru dari puncak gunung pananjakan.


Jarak yang ditempuh untuk mencapai gunung pananjakan memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan melewati jalur gurun pasir yang panjangnya sekitar 2.5 kilometer hingga mencapai kaki bukit. Sekitar 15 menit perjalanan menggunakan hardtop dari pintu masuk untuk mencapai puncak gunung pananjakan dengan rute perjalanan yang begitu menanjak. Jalan menuju view point sudah begitu baik sehingga memudahkan pengunjung untuk melewatinya. Udara yang sebelumnya memang sudah begitu dingin sejak di Cemoro lawang akan lebih dingin lagi begitu kita mencapai puncak pananjakan.

Pukul 04.45 udara begitu dingin diatas puncak gunung pananjakan yang berketingian sekitar 2.770 m.dpl, matahari sedikit demi sedikit muncul dari ufuk timur, inilah moment yang sangat ditunggu-tungu oleh para pengujung, dengan background gunung Batok, gunung Bromo dan gunung Semeru yang selalu mengeluarkan asapnya sekitar 7-10 menit sekali, membuat pemandangan pagi hari begitu indah. Sunrise yang indah ini hanya bisa kita saksikan sekitar 30 menit, seiring makin tingginya matahari.


Selesai menyaksikan sunrise di pananjakan kita dapat lanjutkan perjalanan untuk mengunjungi puncak gunung bromo dengan menuruni bukit, hardtop yang kita sewa hanya bisa mengantarkan sekitar 400 meter sebelum tangga untuk mencapai puncak gunung bromo, kita dapat lanjutkan perjalanan menuju puncak bromo dengan berjalan kaki atau kita dapat menyewa kuda-kuda yang sudah pada mangkal di lokasi tersebut untuk disewakan, dengan harga sewa sekitar 50-100 ribu rupiah itupun masih dapat turun lagi harganya bila kita pandai menawar. Dibawah kaki gunung bromo terdapat sebuah pura yang biasa dipergunakan untuk upacara yadya kasada suku tengger yang biasa dilakukan 1 tahun sekali.


Kuda yang kita sewa akan mengantarkan sampai tangga pendakian, yang selanjutnya kita lanjutkan dengan menyusuri anak tangga untuk mencapai bibir kawah gunung bromo.

Source : sunburstadventure, Photo : T_S, DonovanChua, rishardana, Rick Wezenaar Photography

2 comments:

  1. Great post, love it! haha Anyway, today I had a big luck and want to share it with everyone - I finally found a way to make cheap calls to my cousin Becky in Australia:

    www.briing.com/cheap-calls/australia.php

    If you're in the UK like me, you can call cheaply to Australia and all over the world! :)

    ReplyDelete
  2. Awesome pictures.
    I`m sure your article is the best... if only i could understand what it said ...
    Anyway Cheers!
    Justin Barley

    ReplyDelete